Senin, 21 Oktober 2013

Kepalkan Tangan Kuat-Kuat Jika Ingat Sesuatu

Metrotvnews.com: Tahukah Anda, mengepalkan tangan dan meremasnya kuat-kuat adalah cara mendapatkan kembali informasi dalam ingatan? Anda dapat mengingat kembali sebuah informasi dengan cara tersebut. Demikian hasil sebuah riset di Amerika Serikat.

Peneliti Ruth Proper mengatakan gerakan sederhana itu dapat mengubah jalan fungsi otak. Cara itu juga dapat memperkuat ingatan seseorang.

Dalam studi, peneliti meminta partisipan meremas bola karet dengan tangan mereka sekuat mungkin, sebelum mengingat 72 kata. Kemudian mereka meremas kembali bola selama dua menit ketika akan mengumpulkan sebanyak munkin kata yang bisa diingat.

Satu kelompok menggunakan tangan kanan pada dua tahap. Sementara kelompok lain menggunakan tangan kiri. Kelompok ketiga mengepalkan tangan kanan sesaat sebelum mengingat kata-kata tersebut dan mengepalkan tangan kiri untuk menyebutkan kata-kata tersebut.

Sementara itu, kelompok keempat melakukan kebalikannya. Kelompok kelima memegang bola tetapi tidak meremasnya.

Hasil menunjukkan mereka yang meremas dengan tangan kanan dan diikuti tangan kiri dapat mengingat sebagian besar kata-kata tersebut. Hasil terbaik kedua, yakni mereka yang mengepalkan tangan kanan pada saat bersamaan, sementara mereka yang tidak meremas sama sekali lebih baik daripada mereka yang mendahului dengan tangan kiri.

Gerakan mengepalkan tangan kanan mengaktifkan daerah otak yang bekerja untuk menyimpan ingatan. Sementara meremas tangan kiri memicu area otak sebagai kunci mendapatkan kembali informasi.

Namun, Propper menyarankan perlu ada penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah tipe memori lainnya bisa ditingkatkan dan apakah jika sesorang yang kidal bisa menggunakan cara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar